Halo guys, pada kesempatan ini saya akan membahas suatu item yang mungkin kalian sudah tau khususnya yang sudah jago dan akrab dengan item ini hehehe. Smoke of Deceit atau akrab disebut SOD adalah item yang akan saya bahas kali ini. Kenapa sih aku sedikit rasis kalo yang jago pasti sudah akrab dengan item satu ini hehehe, itu karena memang item ini butuh pemahaman dari bermacam-macam aspek (creep equilibrium, power spike, key hero, objective, teamfight, vision dan masih banyak lagi) yang ada di dota 2 agar penggunaannya maksimal. Kalo dari segi teknis mah mudah sekali aktivasinya, tinggal klik aja udah ilang satu tim hahaha, tapi apa kalian sudah tau mekanisme, kegunaan, cara menggunakan item ini ?? khususnya yang belum akrab dengan item ini. Well di post inilah saya akan membahas itu, so simak baik-baik yaa. Cmiiww

 







BASIC KNOWLEDGE


Secara harfiah, smoke of deceit berarti asap tipu daya. Nama yang cocok dengan efek yang diberikan bukan. Ketika aktivasi, item ini mengeluarkan asap dan membuat teman satu tim beserta unit milik mereka yang berada dalam radius 1200 menghilang selama 35 detik. Item ini memiliki cooldown 1 detik untuk menghindari penggunaan item dua kali secara tidak sengaja. Item ini harganya murah yaitu 80 gold. Disamping itu, item ini sangatlah berharga karena waktu (replenish time) yang dibutuhkan agar tersedia ditoko adalah 10 menit. Replenish time pada item ini jauh lebih lama daripada observer ward yang mana ini merupakan tantangan bagi kita agar diharuskan menggunakannya secara bijak dan tidak sembarangan. Di bawah saya akan jelaskan kenapa item ini sangat powerful yang mana alasan kenapa dia memiliki replenish time yang sangat lama. Kita mulai dari basic knowledge tentang item ini yang wajib kalian ketahui. Berikut penjelasannya:

  • SHAREABLE. Item ini shareable (bisa di share ke teman satu tim). Ini artinya bahwa siapa pun yang beli, bisa juga siapa pun yang mengaktivkan atau menggunakan item tersebut selama masih satu tim dengan yang beli hehe. Item ini juga bisa diaktivkan saat masih berada dalam genggaman kurir.

  • INVISIBILITY. Seperti yang sudah saya bilang, item ini dapat membuat kita menghilang. Ada beberapa kondisi atau situasi yang membuat efek menghilang ini expires, yaitu: 1) Menyerang (right click) unit (baik unit/creep milik lawan, hero lawan, roshan atau neutral creep). 2) Jika kalian masuk radius hero dan tower lawan dengan jarak 1025. Di samping itu, ada juga situasi yang tidak membuat efek invisibility menghilang, yaitu: 1) Menggunakan spell. 2) Mengambil atau menjatuhkan item. 3) Berpapasan dengan unit ilusi milik lawan.

  • OTHER FEATURES. Fitur yang diberikan bukanlah hanya menghilang, melainkan sebagai berikut: 1) Memberikan tambahan movement speed (MS) sebesar 15%. 2) Tidak dapat terlihat walaupun dengan true sight (kecuali dalam chronosphere). 3) Bisa digunakan untuk dodge/menghindari projectile dari spell seperti assassinate milik sniper, thundergod’s wrath milik zeus (unit harus terlihat untuk dapat menerima damage), magic missile milik vengeful spirit dan spell-spell lainnya yang disjointable (bisa dihindari). 4) Bisa digunakan untuk dodge/menghindari projectile range attack (right click), bagus untuk menghindari kematian (urgent) dari hero lawan yang memiliki range jauh atau yang biasa membeli dragon lance seperti Enchantress, Medusa, Terrorblade dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa walaupun efek invisibility-nya tidak dapat terlihat oleh true sight, namun masih bisa kena scan. Scan dapat mendeteksi lawan walaupun dalam status invisibility dari smoke of deceit. Jadi gunakanlah scan secara bijak untuk menghindari smoke gank dari lawan. Bagaimana bisa kita tau kapan mereka akan smoke gank ? itu akan saya jelaskan dibawah yang mana merupakan cara dan kapan penggunaan SOD yang efisien.

 

HOW TO USE


Mengerti deskripsi dari suatu item tidaklah cukup untuk dapat menggunakan item itu secara maksimal. Seperti yang saya bilang di awal bahwa item ini perlu pemahaman dari aspek-aspek yang ada di game dota 2 agar dapat menggunakan SOD dengan maksimal dan efisien. Di bagian ini saya akan membahas cara menggunakan SOD dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Berikut penjelasannya:

  • BUY SMOKE OF DECEIT EARLY. Di awal mulainya game, SOD memiliki 3 stocks (maksimal) di toko yang artinya saat mencapai angka tersebut maka replenish time tidak akan jalan. Replenish time hanya akan jalan jika stock SOD di toko hanya 2 atau dibawahnya. Dengan membeli SOD di awal game, kalian bisa memiliki total 4 SOD di menit 10 yang artinya kalian memiliki SOD cukup banyak serta memanfaatkan mekanisme replenish time SOD dengan sangat baik. Walaupun kalian tidak ingin menggunakan SOD di awal game, setidaknya itu masih berguna dan bisa digunakan jika diperlukan nantinya. Kalian bisa menaruh SOD itu di base atau di bag jikalau diperlukan.

  • USE IT AT DAY TIME. Seperti yang kita semua tau, player dota 2, bahwa di game ini ada yang namanya siang dan malam. Mekanisme time cycle (siklus waktu) di dota 2 ini ada dan dapat berganti setiap 5 menit. Jadi durasi siang/malam hari ini adalah 5 menit. Nah, penggunaan SOD yang efisien adalah saat siang hari guys. Kenapa demikian ? saya akan jelaskan mulai dari mekanisme vision range. Rata-rata hero di dota 2 memiliki radius jarak pandang atau vision sebesar 1800, sedangkan pada saat malam hari vision mereka rata-rata akan berkurang menjadi 800. Penggunaan SOD saat malam hari tidak efisien karena vision kita hanya 800 yang mana itu dibawah radius hilangnya efek SOD saat dekat dengan hero lawan (1025). Jadi di saat kalian smoke gank di malam hari, invisibility-nya akan hilang sebelum kalian dapat melihat hero lawan. Jika sampai kalian kelihatan dan terlihat di ward milik lawan, maka lawan akan segera kabur tentunya. Kalian mungkin tau bahwa ada lawan terdekat dengan hilangnya invisibility tapi kalian tidak dapat initiate atau membuka serangan karena tidak tau persis dimana dia. Hindari smoke gank di malam hari kecuali jika kalian punya offensive ward yang bisa membaca gerakan lawan dan mengetahui keberadaan mereka.

  • USE SMOKE SAFELY. Di competitive scene dan high bracket ranked match tidak jarang juga ada smoke gank yang fail karena masalah sepele yaitu lawan memiliki ward dan melihat kita menggunakan SOD. Fail ini bisa mereka menghindari gank dengan cara kabur dari lane atau bersiap-siap menyambut mereka dengan menggunakan bait. Pastikan tempat kalian menggunakan SOD bersih dari ward atau vision lawan. Di sini pengalaman warding sangatlah berguna. Tidak Cuma itu, kalian harus rajin mengecek inventory lawan (khususnya support) apa mereka memiliki ward atau tidak. Jika mereka punya ward, kalian haruslah extra fokus dan berusaha membaca gerakan dia agar dapat memprediksi dimana ward tersebut diletakkan. Di sini skill map awreness kalian akan di uji hahaha. Mungkin kalau ada waktu, saya akan membuat post tentang map awareness, jadi stay tune aja guys. Di samping itu, spot menggunakan SOD yang kemungkinan aman adalah dibawah tower, karena tower memiliki radius true sight dengan radius 700. Kemungkinan amannya ga besar, karena masih ada kemungkinan lawan memasang ward di antara tower 1 dan 2, jadi map awareness masih sangat di perlukan.




REQUIREMENT


Ada sarat yang harus dipenuhi dalam melakukan smoke gank demi mencapai hasil yang maksimal. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan disini adalah power spike, vision, dan prediction. Disini saya akan menjelaskan aspek-aspek tersebut seputar penggunaan SOD saja, karena kalo secara mendalam nanti malah terlalu panjang dan malah kemana-mana penjelasannya hehehe. Berikut penjelasannya:

  • POWER SPIKE. Saya menjelaskan sedikit mengenai power spike dan kenapa ini berkaitan dengan SOD setelahnya. Power spike suatu hero bisa didapat dari level dan/atau item. Hero bisa kuat jika mencapai level tertentu seperti Storm spirit di lv6, Juggernaut lv6, Io lv6 dan lain-lain. Begitu juga item, hero akan mampu memberikan impact ketika dia punya item kunci seperti Axe blink dagger, Anti-mage Manta, Invoker Aghanim dan banyak lagi. Untuk penjelasan power spike lebih lengkap bisa dicek di link berikut: https://bit.ly/2IgvLT9. ketika kalian atau teman kalian mendapatkan power spike-nya sementara lawan (kemungkinan) tidak mengetahuinya, maka manfaatkanlah power spike tersebut dengan element of suprise from smoke gank. Seperti yang kita ketahui bahwa spell dan item di dota 2 memiliki cooldown, ini merupakan situasi dimana spell atau item tersebut tidak bisa digunakan atau tidak dapat memberikan impact saat clash. Oleh sebab itu, perhatikan keadaan teman kalian (apakah mereka siap untuk war atau tidak) juga sebelum melakukan smoke gank khususnya kepada teman kalian yang punya cooldown spell atau item yang lama seperti black hole milik Enigma, chaotic offering milik Warlock, item aeon disk, dan lain-lain.

  • AGGRESSIVE WARD. Kalian diwajibkan membawa ward saat melakukan smoke gank. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah mendapatkan vision agar dapat melihat gerakan lawan di sisi map milik lawan nantinya. Selain itu memang pada smoke gank lah kalian bisa memasang offensive ward (di area/sisi map lawan) dengan lebih aman karena ada teman kalian yang siap war ketika bertemu lawan nantinya. Jika kalian bertemu lawan sebelum sampai ke tempat dimana kalian ingin memasang offensive ward, tidak perlu khawatir karena yang penting menangin dulu war-nya lalu pilih spot ward yang sekiranya susah ditebak lawan jika war-nya menang tadi. Itu karena lawan bisa saja sudah melihat kalian yang bawa ward dan akan mencari ward kalian tersebut. Jadi pastikan kalian memiliki tujuan ingin menaruh ward tersebut dimana serta menjadikan itu rute saat smoke gank. Kalian juga bisa memasang ward tersebut untuk melihat highgroud ketika efek SOD hilang karena ada lawan (yang kemungkinan ada di highground). Ohya hindari rute yang sempit atau paling tidak jangan jalan secara dempet. Pastikan initiator berada didepan (kalo perlu kasih 1 ward kalian ke dia) jika rute yang di lewati adalah tangga/highground. Jika kalian bukan support, request aja ke teman kalian untuk beli ward sebelum melakukan smoke.




OBJECTIVES


Offensive ward sangat memudahkan kalian dalam melakukan smoke gank karena kalian punya tujuan dan tidak random ganking. Benefitnya tentu saja kita bisa melihat aktivitas mereka sehingga dapat memprediksi pergerakan mereka dan bisa di memanfaatkannya secara offensive atau defensive. Offensive purpose yang saya maksut adalah smoke gank dengan memiliki objective. Objective ini tentunya adalah tower dan roshan. Beda target objective-nya, beda pula apa yang harus kita lakukan dengan SOD demi mendapatkannya. Berikut penjelasan kapan dan bagaimana mendapatkan suatu objective:

  • EARLY GAME. Smoke gank diawal tujuannya ada 2 biasanya. Kill hero target untuk men-delay farm dan levelnya atau untuk mendapatkan tower tier 1. Hal perlu diperhatikan di sini adalah power spike khususnya para support. Seperti yang kita ketahui bahwa support adalah hero yang kuat di awal game. Pada level tertentu mereka memiliki potensi kill yang besar pada waktu itu. Contohnya shadow shaman level 2 bisa melakukan disable selama 2.75 dan nuke dari ether shock sebesar 140 damage. Untuk mendapatkan tower tier 1 tidak terlalu sulit karena kalian masih bisa memasang offensive ward dengan lebih aman karena di early game lawan mungkin masih fokus di lane, tetapi map awareness dan memprediksi gerakan lawan khususnya support lawan sangat diperlukan. Offensive ward paling umum adalah dibelakang tower tier 1 lawan (untuk melihat apakah ada lawan yang backup TP atau tidak) atau jalan arah shrine (untuk memastikan mid atau support hero lawan tidak jalan disitu untuk ganking lane kalian). Mungkin jika ada kesempatan saya akan bikin post tentang warding spot guys. Poin dari penggunaan SOD adalah kalian melakukan ganking dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi karena kalian tidak bisa terdeksi kecuali dalam situasi yang sudah dijelaskan di atas.

  • MIDDLE GAME. Memasuki middle game tujuan kalian pasti masih tower (entah tier 1 atau 2) dan ganking hero lawan di jungle. Metodenya masih sama seperti di early game dan cara memasang offensive ward. Jangan lupa perhatikan teman satu tim kalian baik dari segi power spike atau kesiapan mereka untuk war. Mungkin yang berbeda adalah offensive wardnya yang harus lebih dalam agar dapat melihat pergerakan lawan. Selain itu yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan tower tier 2 adalah wave creep kalian. Pastikan wave creep kalian dalam kondisi pushing sehingga setelah berhasil melakukan ganking, kalian bisa langsung push tower tier 2 dan tidak perlu nge-clear creep lawan jauh-jauh dari tower tier 2 mereka. Di skenario ini biasanya akan ada satu hero (biasanya core, ntah mid atau carry) yang pushing sedangkan yang lainnya smoke ganking di area jungle lawan. Jika tidak memungkinkan untuk melawan jumlah lawan yang banyak, maka biasanya terjadi tarik ulur untuk membeli waktu agar si pusher tadi datang untuk membantu war setelah nge-push wave creep lawan. Mungkin kalian pernah melihat situasi ini di competitive scene dan biasanya lawan cenderung menghindar dan mengikhlaskan tower mereka. Situasi itu terjadi karena mereka sadar bahwa mereka masih belum bisa melawan lawan mereka dan memilih farming di sisi map yang lain, ntah itu karena item atau level yang kurang.

  • ROSHAN. Tujuan smoke ganking dalam mendapatkan Roshan adalah membuat tim lawan berkurang 1 atau lebih sehingga mereka tidak mampu men-kontes kalian saat men-kill Roshan. Selain itu, tujuan lainnya agar rombongan kalian tidak terdeteksi saat memasuki Roshan pit. Mungkin itu mudah dilakukan kalau saat pertama kali men-kill Roshan, tapi kalau untuk kedua kalinya atau lebih, kalian harus bisa men-timing kapan Roshan akan respawn (antara 8-11 menit) dan bersiap melakukan smoke ganking atau sekedar smoke lalu masuk Roshan pit (bagus jika hero-hero di tim kalian mampu men-kill Roshan dengan cepat seperti Troll, Ursa, dan lain-lain) lagi serta memasang ward (8 menit setelah Roshan mati biasanya) di sekitar Roshan pit untuk secure aegis. Smoke gank untuk war di saat lawan memiliki aegis merupakan ide yang cukup buruk. Itulah kalian juga harus men-timing kapan aegis lawan expire (5 menit). Men-timing aegis expire lebih mudah daripada Roshan respawn. Sebenarnya tidak seburuk yang kalian kira kok guys, karena jika kalian bisa mambaca pergerakan lawan dan tau bahwa core hero mereka jauh dari yang lain serta mampu men-kill dia dengan cepat (biasanya dibutuhkan hero dengan burst damage yang tinggi dan lockdown yang mumpuni seperti Lina, Ursa, Magnus, Batrider, dan lain-lain) maka ok kalo kalian mau mencoba war atau hanya untuk menghilangkan si aegis saja.

  • LATE GAME. Ini adalah fase game dimana kebanyakan kalian tidak mengincar tower 1 atau 2 lagi melainkan war/clash. Jika tower 2 masih menjadi objective kalian, lakukan seperti apa yang ada di early-middle game. SOD masih sangat berguna di late game karena element of surprise-nya masih kuat. Sangat efektif untuk menculik satu hero (agar situasi war menjadi 5 vs 4 atau kurang yang mana membuat tim kalian memiliki win chance besar dalam war karena selisih jumlah tim tersebut) atau sekedar membuat initiator kalian hilang dari vision lawan. Ini bagus untuk highground push (tower 3) jika kalian ada strong initiator hero seperti Magnus, Dark Seer, Enigma, dan lain-lain. Yang perlu kalian ingat saat mengincar tower 3 adalah pastikan wave creep kalian pushing. Di late game kalian sudah semestinya bareng 5 orang untuk war dan membuat creep kalian pushing akan memudahkan untuk push tower 3 seperti yang sudah dijelaskan di middle game di atas tadi.











CONCLUSION


Dari post ini kalian sudah bisa memahami cara kerja, tujuan, dan kegunaan dari SOD. Semua ini adalah skenario berdasarkan perspektif kita. JADI INGAT!! lawan kalian yang jago pastinya tau akan hal ini dan mungkin lebih berpengalaman dan dapat menggunakan SOD lebih baik, jadi tetap bermain karena experience is the best teacher. Intinya adalah kalian harus bisa memprediksi pergerakan dan pola bermain lawanmu untuk mengetahui tujuan mereka. Saya yakin kalian bisa melakukannya berbekal pengetahuan dari post saya ini hehehe. Jika ada pertanyaan atau mau mabar bisa join ke sini saja. See you on next post guys. Cmiiww







No comments:

Post a Comment